Kamis, 21 Oktober 2010

Makrab 2010

Sie HUMAS
Personil :
Fandy Ahmad
Ahmad Fauzan
Sri Utami R.
Ulinda C.
Sintawati Dwi H.
Nurul Aulia
Siti Zulleha
Dinda P.


What The Definition Of HUMAS??

Category: Hubungan Masyarakat


TUGAS DAN PEKERJAAN
PUBLIC RELATION OFFICER ( PRO )
A. PRO Sebagai Pelaksana Fungsi Purel.
Fungsi public relation ( hubungan masyarakat) menurut Bertrand R. Canfield dalam bukunya Publik relation, prinsip and problem mngemukakan tiga fungsi hubungan masyarakat yaitu :
  1. Mengabdi kepada kepentingan umum ( It should serve the public interest ).
  2. Memelihara komunikasi yang baik ( maintain good communication )
  3. Menitik beratkan moral dan tingkah laku yang baik ( And stress good morals and manners )
Sedangkan dalam buku Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis, Onong Uchjayana memberikan fungsi hubungan masyarakat adalah
  1. Menunjnag kegiatan manajemen dalam mencapai Tujuan organisasi
  2. Membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan public intern dan public ekstern.
  3. Menciptakan dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada pulblik yang menyalurkan opini public kepada organisasi.
  4. Melayani public dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
B. Tugas PRO
  1. Melayani publik, kepentingan umum.
a. Tugas kedalam membina hubungan yang harmonis antara menejer beserta stafnya dengan para karyawan. Mengusahakan agar para karyawan bekerja dengan senang dan merasa puas. Meneliti perasaan, kesulitan dan keinginan para karyawan.
b. Tugas keluar, membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan public ekstern, memperkenalkan produksi, meningkatkan jumlah langganan dan sebagainya dan sebagainya.
  1. Sebagai sumber informasi ( Source of information ) dan saluran informasi ( channel of Information ). Ia harus mengetahui sejarah dan perkembangan organisasi, nama – nama pimpinannya hubungan dengan badan – badan luar dan lain sebaginya
  2. Memberikan citra yang baik mengenai organisasi yang diwakilinya itu.
C. Perlengkapan Pekerja Human Relation PRO
Yang dimaksud dengan perlengkapan ini adalah seksi – seksi. Seksi – seksi tersebut meliputi
  1. Seksi Redaksi
a. Sub seksi penulisan pidato. Mempersiapkan pidato untuk pimpinan organisasi.
b. Sub seksi penerbitan. Menerbitkan majalah, bulletin, poster, kalender, agenda.
c. Sub seksi hubungan dengan Mass media. Menyelenggarakan pekerjaan yang berkaitan dengan pnyebaran inormasi melalui media, per, TV, Radio, Film.
  1. Seksi protokol. Menyelenggarakan keupacaraan seperti kongres, ulang tahun, konperensi, seminar dan lain – lain.
  2. Seksi Pagelaran. Menyelenggaran pertunjukan seperti pameran, eksposisi, festifal pecan raya.
  3. Seksi Perpustakaan. Menyediakan sumber informasi melaui perpustakaan.
  4. Seksi Dokumentasi. Menyimpan dokumen berupa catatan atau benda – benda yang ada hubungannya dengan kegiatan organisasi.
  5. Seksi statistik. Mengukur kemajuan organisasi.
  6. Seksi penelitian. Mengadakan penelitian berkaitan dengan menemukan dan menghimpun fakta – fakta mengenai kegiatan yang telah dilancarkan oleh perusahaan. Untuk menjadi dasar pada saat melakukan kegiatan selanjutnya

1 komentar:

  1. Pengalaman yg seru.
    Lebih melatih diri dalam berkomunikasi dgn orang2 birokrat terutama.
    tambah banyak relasi jg,,
    kendalanya : kurangnya koordinasi antra kabid dgn staf, atopun sesama staf.

    BalasHapus

Comment disini yak..