Selasa, 03 September 2019

Magnet

Magnet itu apa sih?
Kenapa bisa tarik menarik?
Kenapa bisa tolak menolak?
Benda apa aja yang bisa dan ngga bisa nempel magnet?

Baiklah, itu awalan pertanyaan yang saya pancing ke Kakak. Kakak langsung bisa jawab dan ngerti gitu? Ya enggaklah, 4 tahun pun belum ya kan, yaa seenggaknya emaknya mencoba mengenalkan asiknya sains😘.

Challenge nya tentang Magnet. Awalnya bingung bikin apa ya dari Magnet? Tapi ah daripada bingung-bingung, saya bikin simpel aja nih. Jadi kita tuh mau tahu benda apa aja sih yang bisa ditarik Magnet? Alat dan bahannya benda-benda dari besi dan logam, misalkan uang, peniti, dan isi streples, yang gampang aja sih yang ada di rumah. Lalu coba tempel-tempelin deh. Kakak terkejoet ko bisa narik kuat gitu ya? Ko bisa nempel semua? Kenapa sih kertas ga nempel Mah? Tanya ia heran. Mulai deh mamak bercerita😅.







Waktu SD pun sy belajar IPA dan salah satu percobaannya tentang Magnet. Saya coba warisi percobaan ini ke Kakak. Alat dan bahannya cuma magnet, pasir dan kertas. Jadi kita letakkan pasir nya di atas kertas, lalu kita tempelkan Magnet di bawah kertas. Mainkan deh dengan menggerak-gerakan Magnet nya, pasir pun akan mengikuti, bisa kita bentuk bunga, jalur lintasan atau apapun yang ingin kita buat heehe


Selain mainan di atas, kita pun belajar alphabet karna memang Kakak lagi belajar Alphabet, Hijaiyah dan angka. Cara nya gampang, kita hanya menulis huruf di salah satu sisi magnet. Karna Magnet hanya ada 6, jadi huruf yang dipakai pun baru a-f. Lumayan menambah daya ingat Kakak tentang alphabet😄. Cara mainnya kita hanya meminta kakak untuk menempelkan bentuk huruf yang sama, sambil kita nya melafalkan huruf nya. Diy gaes..




#challenge30hari_main
#day9
#montessoriathome

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..