Senin, 06 Januari 2014

Sushi ala chef Nurul :*

Selamat pagi para blogers :)
Pagi-pagi memang sudah harus mengawalinya dengan SEMANGAT !!
Yap, seperti pagi ini saya juga mengawali hari dengan senyum semangat. Setelah sebelumnya, 3 hari dibuat mabok soal-soal fisika, sungguhan ini mah, sampai makan saja tidak nafsu, padahal sudah difasilitasi sebegitu rupa oleh NF, tetap saja tidak begitu nafsu untuk makan. Baiklah.. lupakan yang kemarin, jadikan pelajaran dan memang sudah seharusnya belajar lebih giat lagi ke depannya. Sekarang saatnya memasaaaaak :). Jadi ceritanya, kemarin sore itu jalan-jalan bareng adik-adik tercinta. Melihat-lihat rak bumbu-bumbu, dan akhirnya saya menemukan sesuatu yang dari dulu saya cari-cari, dialah nori alias rumput laut :D. Akhirnya saya beli 2 bungkus kecil. Oiya, setiap membeli suatu produk makanan ataupun minuman, yang pertama saya liat biasanya adalah label halal. Hati-hati yaa, tidak ada label halal nya itu mbok'an mengandung sesuatu yang diharamkan, kan ngeri. 

Pagi ini saya akan memasak sushiiiiiii :). Sushi adalah makanan khas jepang yang digemari oleh masyarakat, baik di negara jepangnya sendiri ataupun dari luar, termasuk di Indonesia. Banyak toh sekarang  restoran ala jepang di indo? Biasanya sushi di resto jepang itu disajikan dengan lauk ikan laut mentah atau matang, seperti salmon yang banyak digunakan, berasnya pun biasanya beras koshihikari, bumbunya pake cuka biasanya atau saus kedela atau pasta wasabi. Haha, tapi saya tidak seperti itu, hanya memanfaatkan apa yang sudah ada dalam kulkas. Diantaranya telur, daun bawang, dan wortel. Jadilah buat sushi sederhana. Gimana cara buatnya? Gampang pisan ieu mah. Pertama, panggang nori dengan sedikit minyak, sedikit saja. Kemudian  setelah agak harum (seperti aroma ikan), taburkan sedikit garam di atas nori yang sudah ditata di atas teflon. Sekitar 5 menit berikutnya baru diangkat dan tiriskan. Tata nori di atas piring datar, kemudian masukkan nasi di atas lembaran nori, barulah digulung. Karena lembaranya kecil, saya pun membuat sushinya dengan gulungan kecil. Lauk nya hanya  telur dadar sayur, seperti biasa membuatnya. Terakhir..baru sajikan sushi+telur dan bisa ditemani dengan saus pedas. Jasilah sushi ala chef Nurul :D *haha, apa banget  :p. Ceritanya akhir-akhir ini memang lagi ingin belajar masak, buat bekal (bekal naonlah) :p, maklum masih pemula...

(nori yang dipanggang di atas teflon)

                       (sushi untuk porsi berdua)

(sushi siap untuk di santap :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..