Sabtu, 03 Agustus 2019

Perosotan Bola

Assalamu'alaikum..

Maasyaa Allah ini blog sudah berdebu ditinggal yg empunya. Karna ODOP pun sudah pindah lapak, tapi alhamdulillaah.. Gabung Teras Kreativitas telah menghidupkan blog usang ini hehe. Dengan ikutan #challenge30hari_main, jiwa kreatifitas mamak beranak pinak 2 ini jadi muntjoel kembali.

Bismillah. Tulisan perdana kali ini mau cerita tentang mainan yang saya dan Kakak Azzam bikin. Apa ya namanya? Botol bertingkat? Tangga botol? Aliran bola? Bola menggelinding? Aliran air? Intinya, saya mau memahamkan kakak bahwa setiap benda itu punya gaya gravitasi (deuh bahasanya), juga mau mengenalkan sifat air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Yuk belaajar sains, sains itu menyenangkan pemirsa! Mumpung, mumpung nih yaa.. Confidence in Sains vol 2 nya lagi PO. Mamak Azzam pun terima sistem tabungan lho. Teteup promoan buku, jiwa dagang selalu muncul dimana-mana. Haha

Lanjoet ke persiapan alat dan bahan. Apa aja sih yang dibutuhkan?

1. Botol plastik. Karna day1 ini clue nya adalah main dari botol plastik.
2. Lakban bening yang besar
3. Gunting
4. Benda apapun, bisa bola, kelereng, bahkan air.

Cara membuat:

1. Gunting botol plastik menjadi 2 bagian (bagian tutup dan dasar)
2. Kita menggunakan bagian dasar. Lalu menggunting nya lagi dengan pola vertikal hingga botol menjadi 2 bagian.
3. Membuat potongan botol itu menjadi 6 buah.
4. Menyusun potongan botol plastik dari atas hingga bawah seperti anak tangga menggunakan lakban dan merekatkannya di dinding.
5. Bagian paling bawah, kita pilih bagian atas (bagian yang ada tutup botol nya)
6. Menggelindingkan atau meluncurkan benda baik itu bola, kelereng atau bahkan air dari atas ke bawah. Selesai deh.

Kakak seneng dibikinin mainan sederhana ini. Sangat simple. Hanya butuh waktu 10 menit untuk membuatnya. Dan Kakak betah mainnya hehe. Alhamdulillah.

Permainan ini mengenalkan konsep tinggi dan rendah, konsep naik dan turun, menguatkan otot kaki anak saat berjinjit, koordinasi mata dan tangan anak, juga kita mengenalkan mengenalkan salah satu sifat air yaitu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Do it your self.

#rumahmainanak
#montessoriathome
#islamicmontessori
#challenge30hari_main
#day1






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..