Senin, 05 September 2022

Dua Belas Tahun

Foto ini diambil saat shubuh menjelang fajar

Alhamdulillaah tsumma alhamdulillaah, ternyata usiamu 12 tahun my blog 😂. Kemarin lusa, usiaku 31 tahun (Ya Allah berasa nambah tua 🙈). Aku dan kamu terpaut usia 19 tahun, yang artinya pertama kali aku berjumpa dan menulis di platform ini saat usiaku sembilan belas tahun. Tidak terasa ya, waktu berlalu begitu cepat. Kenapa dulu aku memilihmu untuk mediaku menulis? Hehe aku pun tak tahu. Yang pasti, hanya orang-orang terdekat saja yang tahu bahwa aku punya blog. Bahkan beberapa kali setelah aku menulis di sini, orang-orang terdekat langsung berkomentar baik itu lewat sms (dulu belum jaman whatsapp ya 😜) atau bahkan langsung di kolom komentar blog, hanya orang terdekat, noted. Tidak banyak yang tahu dan aku pun jarang mempublish tulisanku.

Seiring berjalannya waktu, aku mulai membuka diri dan mempublish tulisan yang hanya sekedar corat coret di status atau notes facebook. Suka-suka aja sih apa yang dibahas, seringnya apa yang ditulis adalah apa yang dipikirkan dan dirasakan. Dan setelah sekian lama aku mulai menyadari bahwa memang kita itu butuh kepercayaan diri untuk diterimanya tulisan-tulisan kita di publik. Bagaimana caranya? Pertama bahwa kita harus menyukai apa yang kita tulis. Siapa lagi yang suka tulisan kita jika bukan kita sendiri yang menyukainya? Kedua, pastikan apa yang kita tulis adalah hal yang kita suka. Adalah hal yang kita kuasai. At least, sebelum menulis tentag suatu hal, baiknya memang riset. Tidak usah jauh-jauh, kita bisa meriset apa yang ada di sekitar kita yang berhubungan dengan tulisan yang mau kita angkat.

Seiring berjalannya waktu juga, kemampuan atau skill menulis kita tumbuh dan berkembang. Percaya tidak, sebelum sampai sejauh ini, aku pernah melewati fase menulis alay anak remaja 😆. Pernah aku coba flashback lihat status tahun 2009, pertama kali bikin akun media sosial facebook. Alaynya sampai bikin malu tutupin tangan ke wajah 😁. Jangan jauh-jauh deh ya, buka aja postingan di blog ini tahun 2010 😂. Alaynya nggak ketulungan 🤭

Setelah diterawang dan dilihat-lihat lagi, ternyata aku banyak menulis saat tahun 2012. Sepuluh tahun lalu sangat 'produktif' sekali menulis postingannya, haha. Karena awal 2012 itu butuh banyak kata yang harus diterjemahkan dalam bentuk tulisan, saking butuhnya sampai overload tumpah kemana-mana. Rasanya lega aja gitu ketika kita bisa menerjemahkan rasa dalam bentuk kata. Sensasinya plong. Yang tadinya sesak, yang tadinya dipendam sendiri, yang tadinya menangis tersedu sedan, ketika bisa kita tuangkan perasaan itu lewat tulisan maka ibarat oase di padang yang tandus, menyejukkan.

Entah mengapa malam ini tiba-tiba saja ingin menulis di sini setelah sekian lama. Platform ini seperti ada magnet yang menarik untuk tidak pergi meninggalkannya😂 karena sesungguhnya ia sudah bersemayam lama menemani perjalananku menulis selama ini. Bukan sekedar perjalanan menulis, tetapi perjalanan hidupku masih tersimpan rapih di sini. Barakallahufiik my blog. Semoga tulisan yang dihasilkan dari sini bisa memberi manfaat buat banyak orang. Ambil yang baik, buang yang buruk dan ciptakan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..