Sabtu, 18 April 2020

7 Cara Mencegah Covid-19


Ini adalah tulisan pertama bercerita tentang covid-19. Agar ada jejak, bahwa di bulan Maret 2020 ini, pertama kali nya covid berada di Indonesia. Ada berbagai tema tulisan sebenarnya, dari mulai pertama kali kejadian virus ini ditemukan hingga memakan banyak korban jiwa di Wuhan sana, bagaimana proses penyebaran covid, cara menangani nya, update berita tentang jumlah odp pdp hingga kematian di masing-masing wilayah, tentang social and physical distancing dan lockdown di tiap-tiap wilayah, work and school from home dan lain sebagainya.

Tapi yang saya pilih adalah tentang cara pencegahannya. Kenapa? Ya karena mencegah memang lebih baik daripada mengobati kan? Baiklah... banyak hal yang harus kita lakukan untuk mencegah atau memutus mata rantai dan atau melandaikan kurva si covid ini.


1. Asupan gizi yang seimbang memang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Ditambah minuman herbal untuk menjaga agar imun tetap baik-baik saja. Biasanya saya bikin jeruk lemon dan jahe. Kalau ngga di jus pake madu/gula, cukup diseduh pakai air panas juga mantap. Ini anak-anak ceritanya bantuin emaknya bikin jus lemon😂.



Kenapa di jus? Jadi begini, kabarnya penelitian Bioinformatika yang dilaksanakan oleh Departemen Kimia FKUI juga Pusat Studi Biofarmaka Tropica (Trop BRC) dari IPB bahwa di dalam kulit jeruk (jenis apa saja) terkandung zat hesperidin dimana zat ini mampu menghambat replikasi virus dan menghambat ikatan protein virus ke reseptor pada sel tubuh manusia. Biasanya saya pakai 2 buah, (bisa jadi 3 gelas belimbing jus lemon), karena kulitnya itu pahit, jadi saya hanya pakai 1 buah yang kulitnya ikutan di jus, sisanya buang kulitnya. Selain lebih sering minuman herbal, jajan di luar pun saya kurangi, menghemat pengeluaran juga ya kan😂

2. Olahraga teratur. Nah ini dia, dampak positif banget buat saya pribadi. Sejak pandemi si covid ini, saya dan suami lebih rajin berolahraga dan berjemur. Biasanya sebulan sekali aja udah bersyukur bisa olahraga, lha ini seminggu bisa nyampe 2-3 kali lari pagi. Lumayan, bakar lemak jahat yang ada di tubuh😅. Olahraga ini dilakukan saat ayah nya anak-anak wfh aja sih😂 dan itu pun kami cari tempat yang sepi dari kerumunan. Biasanya pinggir sawah hehe. Tapi memang kerasa efeknya, walaupun ini BB belum signifikan turunnya, dengan olahraga ini badan jadi kerasa lebih ringan. Ringan? Kerupuk kali ya🤣 . Selain itu, dengan olahraga juga pikiran lebih fresh ya kan. Bawaannya positif, terbuka dan lebih selow aja sih.






3. Gunakan masker kain. Bagi kita yang bukan nakes (tenaga kesehatan), cukup gunakan masker kain saja, tidak perlu yang N95. Biarkan masker N95 untuk nakes yang berada di garda terdepan dalam menangani covid-19 ini. Kalau ke pasar biasanya saya baru pakai masker. Ke pasar pun saya pagi-pagi sih yang belum banyak orang,  biasanya jam 05.20 atau 05.30 udah berangkat sendiri tanpa suami dan anak-anak. Tapi ini karena ada himbauan dari pemerintah bahwa setiap keluar rumah pakai masker jadi ke warung pun pakai ya (biasanya saya lepas masker, engap sih, tapi sekarang kudu pakai ya). Usahakan punya beberapa masker ya, jadi sekali pakai langdung cuci dan ganti masker lain.

4. Selalu mencuci tangan pakai sabun. Nah ini, kenapa saya selalu menyediakan handsoap di depan rumah. Jadi kalau baru datang dari luar bisa langsung cuci tangan pakai sabun. Jadi teringat lagu cara mencuci tangan yang baik dan benar dari adik ipar😂. Kakak Azzam semenjak tahu lagunya, setiap cuci tangan hampir selalu ia nyanyikan. Makasih aunty erlis lagu nya😁. Bisa di buka link nya di sini kali aja mau tahu lagunya hehe


5. Hindari kerumunan atau jaga jarak (social/physical distancing). Seeeebisa mungkin hindari kerumunan orang ya, kecuali dengan sangat terpaksa. Misal kudu ke pasar atau market untuk belanja bulanan dan keperluan bahan makanan. Itu pun ngga usah lama-lama, seperlunya saja.

6. Menghindari kontak dengan orang sakit. Ini juga penting. Karna si virus ini ngga kelihatan oleh mata, dan kita tidak tahu apakah orang sakit ini sudah tertular covid-19 belum, jadi alangkah baiknya kita menghindar. Orang yang batuk dan bersin pun dihindari. 


7. Terakhir do'a. Bukan terakhir ding sebenernya malah yang pertama harusnya. Kita sebagai seorang muslim, setiap keluar rumah memang harus berdoa. Baca doa keluar rumah dan ayat kursi kalau saya biasanya begitu, supaya terlindungi oleh Allah 🤗

Mungkin segitu dulu kali ya 7 cara pencegahan covid-19 ini. Semoga wabah ini segera berlalu Ya Rabb dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan😍

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..