Sabtu, 18 April 2020

Ikhlas Membawa Keberkahan

Liqo online @Gunungjati Family

Pembicara: Dr. Hj. Aan Rohanah, Lc., M.Ag
Materi liqo tentang Ikhlas Membawa Keberkahan

Darul Qur'an Mulia Tv : Channel YouTube

Bismillah❤️❤️❤️

Assalamu'alaikum wr.wb

❤️Ikhlas itu hanya karena Allah, bukan karena manusia, bukan karena mengharapkan imbalan dari manusia, atau bukan pula ingin dihargai oleh lainnya. Jika kita ikhlas--> akan berkah. Nah, Keberkahan ikhlas itu antara lain:

1⃣  Amalnya akan disebut / diterima oleh Allah sebagai amal sholih. Amal itu tergantung niatnya. Example: ada orang yang sedekah banyak dan dilakukan terus menerus, tapi niatnya bukan karena Allah. Maka Allah akan menolak amalan itu. Sebaliknya, jika ada orang yang sangat ingin sekali bersedekah, tapi karena ada udzur jadi ia tidak jadi bersedekah. Maka Allah tetap akan mencatat nya sebagai amal sholih. Karena apa? Karena niat sedekah nya itu hanya lillah, hanya untuk Allah semata.

2⃣ Niat itu sebagai sumber amal. Ikhlas itu sebagai motor penggerak. Jika orang ikhlas, sekalipun diminta sedekah banyak, ia akan berusaha memenuhinya. Berbeda dengan orang yang tidak ikhlas, meski diminta 5000 saja, ia akan terasa berat memberikannya. Ikhlas --> harus dijadikan bagian dari aktivitas kita.

3⃣ Keberkahan ikhlas itu bisa mewujudkan amal yang sampai dihisab. Sampai hari perhitungan, timbangan amal baiknya berat (selama ia ikhlas). Sebaliknya jika ia tidak ikhlas, semua perbuatan baiknya hanya bagai debu beterbangan😭. Oleh karena itu, jaga hati dari titik-titik kecil noda (riya, hanya ingin dipuji). Ketika riya, Allah telah menerangkan dalam QS Az Zumar: 65 --> jika engkau mempersekutukan Allah, maka akan terhapus lah amal kamu dan kamu termasuk orang-orang yang rugi.

❤️ Perumpamaan orang ikhlas di atas berlaku untuk semua, termasuk kita sebagai seorang istri. Jika kita ikhlas memberikan segala tenaga, waktu, pikiran dan mungkin juga harta untuk suami dan anak-anak kita, maka itu akan sangat besar sekali pahalanya di hadapan Allah. Namun jika kita mengeluh, kecewa, sampai tidak ikhlas, maka semuanya lelah kita, peluh kita dalam mendidik, capenya kita dalam urusan domestik --> semua akan bernilai NOL BESAR di hadapan Allah. Ya Robb.. jadi sedih nulis ini😭, karena Ibu Al madrosatul'ula yang banyak sekali perannya dalam pendidikan anak😭.

💌 Catatan dari Imam Al Ghazali :
         "Setiap Bani Adam itu binasa, kecuali orang yang berilmu. Setiap orang yang berilmu itu binasa, kecuali orang yang mengamalkan nya. Setiap orang yang mengamalkannya pasti binasa, kecuali orang yang ikhlas".

4⃣ Orang yang ikhlas itu bisa menata hidupnya dengan sangat baik. Tahu yang mana untuk akhirat, mana yang untuk dunia. Mana prioritas, mana yang bukan. Visioner sekali hidup nya. Persiapan apa yang dibawa setelah mati, bukan persiapan di dunia ketika lockdown. Keberkahan orang yang ikhlas itu sangat memahami PRIORITAS. Sejatinya, manusia itu terbagi menjadi 2:

1. Mengharapkan dunia = Allah belum tentu memasukkannya ke dalam surga
2. Mengharapkan akhirat = Allah sudah pasti akan memberi dunia nya (do'a kebaikan dunia dan akhirat)

5⃣ Dapat menjaga balasan yang baik di sisi Allah SWT. Artinya bahwa ikhlas itu harus terjaga sampai finish, tidak dinodai apapun. Example: seorang istri yang mengeluh pada suami nya. Aku cape sekali hari ini, lelah sekali, mengerjakan ini dan itu sendiri dan lain sebagainya. Itu artinya sudah tidak ikhlas. Karna yang ikhlas itu, seperti kata Rasulullah, tangan kanan memberi, tangan kiri tidak tahu. Jika seorang istri sudah mengeluh seperti ini, maka semua amal yang dilakukannya NOL besar. Terhapuslah catatan amalnya. Maka dari itu, kenapa kita harus menjaga ikhlas itu sampai finish. Agar kelak, ketika hari hisab datang, akan didatangkan catatan amal baik kita dan kita akan merasa bahagia. Maasyaa Allah.

Noted: dear kaum wanita...
Saat Rasulullah mi'raj, beliau ditampakkan pemandangan neraka dan isi nya kebanyakan wanita. Kenapa? Karena wanita banyak yang tidak mensyukuri pemberian suaminya. Terlalu banyak mengeluh, menuntut, dan menutupi kelebihan suaminya, tidak menghargai suami. Dan wanita-wanita seperti inilah tempatnya di neraka. Nauzubillah tsumma nauzubillah, semoga kita dijauhkan dari seperti ini ya Allah.

6⃣ Berlipat ganda pahala nya
Allah itu Maha Baik. Balasan setiap melakukan kebaikan itu bukan 1, bukan 10, bukan pula 100. Misal kita sholat di Masjidil Haram, maka balasannya 100.000 kali lipat. Dan masih banyak amalan lain yang Allah lipat gandakan.

7⃣ Akan diberikan ketenangan
Seperti tidak ada musibah. Orang yang ikhlas itu akan mampu menahan diri untuk tidak membalas orang yang dzalim pada dirinya. Dia ridho menerima takdir Allah dengan ikhlas. Orang ikhlas itu = orang selalu ridho, orang selalu sabar, orang selalu tawakal. Ikhlas itu tempatnya di hati, bukan di lisan. Jadi yang harus kita rawat ya hati kita. Harus selalu baik, kita jaga. Sehingga seluruh aktivitas nya akan menjadi baik.

8⃣ Ada kekuatan jiwa. Jiwa kuat pasti amalannya kuat. Bisa buka lagi bab kisah thalut beserta pasukannya yang diperintah hanya boleh minum air segenggaman kedua tangan saja, tidak lebih.

9⃣ Diberi kekuatan mental menghadapi tantangan. La tahzan, innallaha ma'ana. Kita betul-betul yakin hanya bersama Allah, kita yakin Allah akan selalu ada untuk kita, melindungi diri kita, kita akan mampu menghadapi tantangan berat apapun yang Allah beri.

🔟 Keberkahan terakhir dari ikhlas ini adalah istiqomah. Amal yang istiqomah, kalaupn kita meninggal ia akan tersenyum. Malaikat akan hadir, lalu ia berkata, kamu jangan takut, jangan bersedih, bergembiralah. Allah akan memberikan sesuai janjiNya yaitu surga.

Alhamdulillaah.. bini'matihi tatimmush sholihat, materinya mantul! Saya sepeti tertampar. Betapa seringnya kita (saya lebih tepatnya) mengeluh karena telah mengerjakan ini dan itu pada suami. Ya Allah.. semoga Engkau selalu jaga keikhlasan kami dalam beramal, hingga kelak di hari hisab, amalan itu akan datang dan memberatkan timbangan kita untuk mecapai surga nya Allah. Aamiin ya Robb❤️.

Semoga materi nya bermanfaat, yang benar datangnya dari Allah, yang salah pastilah dari saya pribadi🙏

Jazakallahu Khair
Wassalamu'alaikum wr.wb 🤗






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..