Rabu, 14 Februari 2018

Azzam Belajar Warna




"Mamah..Azzam mau ke rumah Kakak Azmi", kata Azzam.
"Oh Azzam mau ke kakak? Boleh yuk, tapi lewat mana ya?", tanya saya sambil memperlihatkan maze yang ada dalam sebuah buku cerita anak.
"Lewat sini Mah", jari telunjuknya menunjuk sebuah jalan dalam maze itu.


Bulan Februari ini, jadwal kurikukulum homeschooling Azzam belajar mengenal warna. Nah, saya mengambil media dari buku berjudul "Goyi dan Pipi Belajar Mengenal Warna". Buku Goyi dan Pipi ini, di dalamnya terdapat maze yang berfungsi melatih kecerdasan otak anak. Tentunya bukan hanya jalan lurus tanpa hambatan, tapi maze ini berkelok-kelok dan terdapat buah-buahan di titik-titik tertentu. Dengan harapan, saat melewati buah-buahan itu anak bisa sambil menyebutkan nama dan warna buah. Alhamdulillaah Azzam berhasil dengan tantangannya.

"Mah, yuk kita berangkat!", ajak Azzam dengan antusias. 
"Yuk, bismillah", saya memulai perjalanan.

Jari telunjuk Azzam mulai bergerak mengawali di sebuah jalan dalam maze.
"Mah, lewat sini. Jalan...terus...jalan..", dengan sangat hati-hati jari nya berjalan mengikuti jalan maze. Khawatir kalau tiba-tiba jari nya yang mungil itu menabrak pembatas jalan.
"Stop!", saya tiba-tiba berkata lalu bertanya ketika melewati buah apel.
Azzam langsung tertawa terbahak-bahak saat saya tiba-tiba menghentikan jarinya.
"Azzam, ini buah apa ya? Warnanya apa?, tanya saya.
Lalu Azzam menjawab, "Buah apel, Mamah. Warnanya meraaaaaah", dengan semangat ia menjawab.
"Pintar ya anak Mamah", sambil mengacungkan ibu jari ke Azzam.
"Yuk lanjut lagi yuk, Zam", ajak saya.
"Lanjut...terus...jalan...belok kanan....belok kiri...", cerita Azzam dengan semangatnya.
"Stooooop!", kali ini Azzam yang menghentikan perjalanannya ketika melewati buah jeruk. Tiba-tiba Azzam tertawa lagi saat berhenti, padahal dirinya sendiri yang menghentikan perjalanan. Setiap anak itu memang unik. Hal-hal kecil seperti ini saja terkadang membuatnya senyum dan tertawa. Dalam hati saya pun berujar, cepat juga ya Azzam menangkap apa yang telah dilihatnya (meniru saya).

"Mamah, ini buah jeruk. Warnanya apa ya? Mmmm... kuning! Ya kan Mah?", ia bertanya pada saya meyakinkan jawabannya.
"Warnanya oranye sayang...", jawab saya.
"Eh salah hehe", sambil malu-malu.
Perjalan maze terus berlanjut sampai berada di ujung jalan dan terdapat rumah Kakak Azmi.
Sesaat sebelum sampai rumah Kakak Azmi,
"Terus...jalan..terus..lewat sini..belok kanan..alhamdulillaah sampai deh. Horeeeeeee!", Azzam bersorak dengan riang sambil tepuk tangan.

"Alhamdulillaah...sampai juga akhirnya ya Zam", kata saya.
"Akhirnya sampai. Tok..tok..tok.. Assalamu'alaikum Kakak Azmi. Kak..", Azzam memulai lagi imajinasinya saat bertemu dengan Kakak di maze tersebut.

Alhamdulillaah, pelajaran hari ini selesai sudah. Hampir seminggu kemarin Azzam belajar tentang warna dari mulai flash card, mengumpulkan benda-benda yang sama warnanya, sampai saya bawa sayur dan buah asli dengan berbagai macam varian warna. Sejauh ini, Azzam sangat excited belajar tentang warna. Asalkan kita nya juga berhati bahagia in syaa Allah akan sampai pesannya pada anak.

#homeschoolingAzzam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..