Senin, 13 Februari 2012

Jaulah Tanpa Batas

Udah lama pengin nulis ini, tapi baru kesampaian sekarang untuk entri nya :) 

 Dengan niat silaturahim... jadilah saya pergi kemana-mana :)

*             Selasa penuh asa !! :) 17 januari 2012
Alhamdulillah, tim formatur untuk sementara selesai tugasnya, tinggal nanti dilanjutkan setelah liburan sampai pelantikan. Merefresh diri, tappi... my proposal how are you today? Oke deh, menemui pak afik untuk konsultasi sebentar, kemudian langsung capcus ke karang lewas, jenguk dek tika pasca kecelakaan.
Dalam perjalanan ternyata mampir dulu ke mamang batagor di alun-alun. Hmm,, jenguk sambil berkuliner, lapper juga si abisnya, belum sarapan. Mencari-cari rumah makan barokah pertama kali salah, eh ternyata ada dua. Pantas saja dek :). Tapi nyampe sono adem suasananya. Ngobrol, banyak cerita juga ternyata, dan waktu menunjukkan pukul 11.45, akhirnya memutuskan untuk pulang saja. Dannnnn ide nyleneh muncul, tour ke cilacap, ke rumah chatrin. Akhirnya berangkat deh naik motor ke sono. Dengan aktivitas yang terburu-buru sebelumnya, detik-detik yang mepet untuk nge-print + kasiin laporan + jalan kaki jauh pula. Heuuh,  Tapi alhamdulillah chat2 jemput, dan go go cilacap.
Di tengah perjalanan, persis banget di bendung gerak serayu, motor mba lulu bocor ban nya. Alhasil kita berhenti dulu deh di bengkel kaki lima, sambil menikmati soto hangat semangkok berdua dan 2 gelas es teh bersama refa jauzaa. Ditemani sejuknya senja daerah bendung gerak serayu, bendung yang besar itu lo... uuh so sweet :).
Sudah selesai, akhirnya melanjutkan lagi perjalanan go to cilacap. Haaa... di tengah perjalanan hujan besar banget, dan gentian deh motor chat yang boncengin saya yang mogok. Ke pinggir sejenak dan mencoba men-starter lagi alhmdulillah jalan lagi deh. Tapi hujan belum reda, masih sangat deras, kita tunggu. Krudung, baju, jaket, rok, kaos kaki, dan tas basah kuyup semua deh. Apa boleh buat, untung gak bawa proposal usul PKL, hwaa.... kalo bawa, jadi bubur dah tu proposal :(. Lanjutkan lagi, belok kanan, kiri dengan pemandangan sawah, dan sawah, kendaraan yang besar2 pun saling menyelip, dannnn Alhamdulillah sampai juga di rumahnya.
Langsung mandi dan buat nasi goreng deh, anget, kata chat2 “cubitin dong cubitin”, masih kagak percaya dia kalo kita datang ke rumahnya. Besok pagi nya, kita diajak jalan2 ke pantai sama bapaknya chat2. Ke pantai Widara Payung, indah, ombaknya, kerang2nya, mendoan dan teh angetnya, hmm. Laper juga jalan2 menyusuri pantai itu, untung bawa cemilan sriping or keripik dari ibunya, dilahap juga deh tuh kripik :).
Sampe jam 11-an baru pulang lagi deh ke rumahnya. Bersih2, sempet nyuci juga di sana, betah dah udah banyak buah2an, tinggal metik deh tuh buah. Ada rambutan, mangga, kedongdong, durian, jeruk nipis, jambu, srikaya, kelapa, ahh… masih banyak yang lainnya. Makan siang  udah disediain sama ibu nya, haduuhh ibuu merepotkan deh, tapi seneng, hehehe. Chat chat... pengin main lagi ke sono :).
Udah kenyang, Alhamdulillah, eh chat2, refa masuk kamer, tidur2an, dan kettiduran deh jadinya, saya pun ikut tidur2an, tapi nda tidur lah, hee.. mereka..mereka. Rabu, tepatnya dzuhur adalah deadline kita capcus balik lagi ke pwt. Alhamdulillah kesampean juga silaturahmi ke rumah chat2, tinggal ke refa jauzaa. Pulang juga sama basah kuyup lagi, semoga dengan hujan deras yang mengguyur membawa keberkahan :).



*             Jum’at, 20 januari 2012
Lain hari lain cerita, selang sehari setelah jaulah ke cilacap, lanjut perjalanan ke pekalongan. Tapi kali ini sendiri, naik bis, tanpa mereka. Karna mereka akan mengurus proposal, mengurus keberangkatannya untuk PKL segera. Yaahh.. padahal pengin bareng, tapi apa daya, dengan niat silaturahmi, modal nekad, ada rezki, langsung tancap keliling kota sebelum PKL deh. Dengan menempuh perjalanan hampir sama kaya dari pwt ke crb sekitar 4,5 jam-an.
Sekali lagi dengan modal nekad dengan niat silaturahmi, berangkatlah jum’at siang itu ke kota batik, Pekalongan, pkl 12.48 menuju terminal. Dan sesampainya di terminal, kaki langsung menaiki bis jurusan Purwokerto-Pemalang. Selang 10 menit, supir menstarter mobilnya dan kemudian bis melaju perlahan, terus, terus, dan akhirnya meninggalkan kota Purwokerto.
Dengan cuaca yang agak mendung, saya sangat menikmati perjalanan ini. Memasuki gerbang Kabupaten Pemalang, gerimis membasahi sisi-sisi jalan dihiasi pinus beratus-ratus pohon, adem, nyaman, dan jendela bis ini sengaja saya buka agar mata ini melihatnya, hidung ini bisa menghirup udara segar dengan bebasnya. Subhanallah...ciptaan-Nya sungguh luar biasa. Semakin membuka hati dan fikiran ini untuk melihat semesta-Nya. Menikmati, menikmati, dan terus menikmati.
Sepanjang jalan Kabupaten Pemalang, jalan berkelok, menanjak, menurun, dengan gerimis tetap menghiasi kaca jendela ini. Dan yang saya lihat memang hutan, dari pinus-pinus itu masuk lagi hutan. Tapi dari beberapa pinus itu ada jalan yang tertulis posko-posko KKN Unsoed, ada sekitar 10-15 posko KKN Unsoed di sekitar Kabupaten Pemalang itu. Ya, saat-saat seperti itulah bentuk pengabdian masyarakatnya dari mahasiswa.

Lagi-lagi indah... aliran sungai yang deras, terjunan yang tidak begitu tinggi, tetapi cukup terdengar percikannya, pinus-pinus yang terhampar luas, gerimis yang mengiringi, menambah nikmat sore hari @Pemalang. Jadi teringat kisah Laisa, tokoh utama dalam Bidadari-bidadari Surga milik bang Tere-Liye. Laisa, seorang kakak dengan pengorbanan yang begitu besarnya, sangat sayang pada adiknya, rela menembus hutan-hutan dengan harimau yang ada dalam hutan-hutan itu dengan tujuan hanya menanyakan obat untuk adiknya ke mahasiswa yang sedang KKN di desa Laisa. Masih adakah kakak yang seperti itu? Saya belum bisa, tetapi setidaknya saya berusaha sesuai kemampuan untuk menjadi teladan bagi adik-adik saya. Flasback, terhanyut oleh cerita Laisa, lupa kalau sudah memasuki terminal Pemalang. Akhirnya turun, dan naik bis jurusan Pekalongan.
Hmm.. masih gak nyangka nge-bolang sendirian. Begini toh kota pekalongan, hampir sama dengan Cirebon untuk cuacanya, hanya karakteristik orang2nya saja yang mungkin berbeda. Bayyin.. I’m comingggg... pukul 17.00 tepat saya nyampe di kota batik itu. Dijemput oleh bayyin dan adiknya, dan langsung diajak berkeliling kota deh belanja sesuatu, sambil makan mie ayam paling enak di sana katanya.
Sesampainya di rumah, istirahat sejenak dan diajak berkeliling kota pekalongan lagi sama bayyinatun, so sweet deh malam minggu berdua :), bayyin muach..muach. Ke alun-alun, ke masjid agung, ke daerah kota gitu deh. Jam 9 pulang, karna cappe banget jadi langsung tidur. Besoknya diajak jalan pagi lagi deh tuh sama bayyin, keliling sekitar rumahnya, sarapan bubur kacang hijau, dengan cuilan roti tawar yang empuk, hmm Alhamdulillah kenyang :). Karna dia mulai PKL hari sabtu jadinya saya diajak juga tu ke PT. Maya Foods. Di sana ketemu neneng dan faruq akhirnya, eh ngobrol2 sampai jm 8, mereka kerja dan saya ditinggal :(.
Akhirnya saya memutuskan berkeliling kota pekalongan seorang diri. Pertama yang saya kunjungi adalah Pantai Samaran. Ada angkot si yang ke arah sana, tapi ternyata ga nyampe pantainya, hanya dipertigaan saja. Haduuhh.. bingung dan akhirnya minta tolong dehh tu sama sopir dianterin ke pantainya. Mau balik lagi juga tanggung udah setengan jalan, akhirnya melanjutkan saja dengan 2 kali lipat pembayaran. Nuju pantainya, oh Robb.. jauh amat ternyata ya. Berarti pulangnya saya harus jalan ! segitu jauhnya? Oh noo...
Tapi sesampainya di sana, subhanallah indahnya :), jadi ga nyesel deh mesti pulangnya harus jalan sejauh itu ke pertigaan. Tak kira ada HTM nya, tapi penjaganya lagi kagak ada, yaudah langsung masuk aja. Menyusuri bibir pantai, di atas batu2an,  sambil bersenandung edcoustic “sebiru hari ini”, persis di film2, hehe. Sampe pada posisi wuenak di salah satu tumpukan batu2an, dan saya duduk di situ, ditemani ombak yang bergulung tinggi, tas export yang udah setia menemani saya selama 4,5 tahun sampai sekarang, headset, hp nokia, mengeluarkan selembar kertas+bolpoin, dan jadilah saya menulis di situ. Menikmati sekali selama 2 jam di sana. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk shalat dhuha di masjid agung pekalongan. Harus 2 kali angkot nuju masjid agung itu, tak apalah saya ingin merasakan shalat di sana :).
Subhanallah bangunan masjidnya, bener2 tempo dulu dengan ukiran khas pekalongan, luas, besar, atap yang begitu tinggi, dan begitulah rumah Allah selalu sejuk. Sekitar pukul 11-an, saya melanjutkan perjalanan lagi ke Batang, agak jauh dari pekalongan, sekitar 30 menit nyampe alun2 batang. Oke lah saya tetap menyusuri. Melewati pasar grosir batik juga ternyata, agen nya batik di pekalongan, pasar Setono. Batang selangkah lagi, nyampe alun2 deh, langsung rehat di masjid agungnya, hampir sama bangunannya dengan masjid agung pekalongan. Shalat, tilawah, hmm sejuknya siang yang panas itu. Sejam cukup untuk menenangkan diri dari panasnya daerah batang.
Melanjutkan perjalanan lagi ke pekalongan, dengan tujuan toko buku gunung agung. Baca2 sekitar sejam lebih di sana, siang menjelang laper menanti, akhirnya cabut ke soto khas pekalongan sekitar hypermarket itu. Enak si, tapi lebih enak buatan mamah tercinta :). Sudah kenyang, menunggu neneng, bayyin, dan faruq selesai PKL dan ketemuan di hypermarket. Tak mau bawa tangan hampa dari pekalongan, jadi mampir ke setono sama neneng dan bayyin, faruq langsung balik dia. Muter2 keliling nyari baju model gamis gitu tapi qo yo langka? Heran deh, katanya pusat batik. Akhirnya cari lagi deh tu ke tempat lain.
Alhamdulillah nyampe rumah bayyin lagi, cape muter2 seharian, jalan kaki jauh, panas2an, naik motor juga panas2an, kecapean deh jadi langsung tidur. Besok paginya, langsung siap2 pulang lagi ke purwokerto. Berangkat jam 9, nyampe pwt jam 1 tepat nyampe kost. Lelahnya... hah,, tapi saya mesti melanjutkan perjalanan lagi jam 2 ke temen liqho di banjarnegara.


*             Minggu, 22 januari 2012
Datang di kost, siap2 lagi, dan aduhai ngantuknya jadi saya tidur siang dulu sekitar 15 menit, trus lapeer bgt jadi langsung deh makan siang. Gak lama indri datang menjemput. Alhasil kita berangkat. Tappi... oh no, dia menyerahkan kunci motornya pada saya? Wtm? dan akhirnya saya yang menyetir selama bersamanya di banjar. Indri... indri... tak kira anti bisa bonceng ane, hehe.
Bismillah dengan modal nekad dan niat silaturahmi berangkat menuju banjarnegara.
Ga terlalu jauh juga si, ya sekitar 1,5 jam nyampe rumahnya. Nyampe  di banjar, iihhh... ponakannya, dek mira lucu banget, baru 2 minggu kelahirannya, dek fasa juga lucu dia manja2 gitu tappi nggemesin :), jadi kangen deh pengen tidur bareng lagi sama dek fasa.
“Tante nurul tante nurul, mandinya sama tante aja ya?”, iya dek fasa, sini sama tante, asal mau belajar ya. “iya tante, eh tante tolong warnai ini dong, warnanya jangan ada yang sama ya?”, busyet dah, ni yang belajar saya apa dek fasa? Hehe,, :)
Hari senin paginya, kita langsung jaulah ke temen2 KKN indri, anak2 FE. Di daerah banjarnegara, ke purbalingga, silaturahmi deh ke sana. Banyak cerita ternyata selama beberapa hari di desanya masing2. Ada yang menyenangkan, ada yang sedih, ada yang butuh perjuangan besar untuk tetap mempertahankan izzah dirinya sebagai akhwat. Dari mulai kaos kaki, bergaul, rapat malam, Hmmm... ternyata begitu ya saat terjun ke masyarakat. Lebih tertantang untuk berdakwahnya. Luar biasa deh temen2 di sana, semoga KKN saya nanti mendapatkan tempat yang nyaman, temen2 ikhwah yang sefaham, yang asik, yang tidak hedonism, masyarakat yang ramah, semoga dehh :), sangat berharap.

Ada operasi juga tuh di daerah banjar, hmm karna saya ga punya SIM, jadi deh kena tilang. Mending sidang aje, besok di polres baturaden. Datang2 di rumah indri tau2 udah sore ajja. Istirahat, cape, dan tarrrraaaa... besok pagi sekitar jm 7-an langsung go to purwokerto. Bismillah... jaulah terakhir sebelum berangkat PKL ke Cirebon. Pengin deh main ke Kediri, ke bandung, ke ciamis, ke klaten, ke Bunaken, dan kemana-mana, hehe. Persiapkan uang dulu buat jaulah liburan smester selanjutnya :). Keep fighting Nurul!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..