Selasa, 23 Januari 2018

Cara membuat ktp el Kabupaten Cirebon

Selamat malam Moms... hari ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang bagaimana caranya mencetak ktp el di daerah cirebon. Jadi ceritanya setelah Akte kelahiran Azzam dan ijazah S1 saya ketemu (wah ini ceritanya panjang banget sampe akhirnya ketemu lagi tuh dokumen penting), kami mengurus dokumen penting lainnya seperti ktp el (ktp elektronik maksudnya). Dulu, dulu sekali saat kasus tentang blangko ektp tercuat, desas desusnya kan blangko habis dan lain sebagainya. Jadi kami mengantri di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mendapatkan suket alias surat keterangan yang isinya sama dengan KTP. Barangkali suatu saat membutuhkan identitas dan kami ngga mungkin menunjukkan identitas lama dong ya. Suket itu bentuknya selembar kertas A4.

Nah pada awal tahun 2018, ektp sudah bisa dicetak ceunah (entah kenapa namanya ganti bukan ektp lagi tapi ktp el). Ada yang bilang di desa juga bisa (tinggal bayar aja), ini mesti kita stop karna ini termasuk pungli (pungutan liar). Iya tidak ya? *Cmiiw. Saya dan suami akhirnya pergi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cirebon yang tempatnya berada di daerah Sumber. Dan taraaaaa....sudah jauh-jauh ke sana, ternyata kita harus daftar online melalui website nya dulu *nyengir kuda :D. Ini nih yang ngga update alias kita nya kudet haha. Jadi ke Sumber itung-itung sambil jalan-jalan lah ya liat yang hijau-hijau hehe.

Begini urutannya...
1. Kita harus masuk ke website www.ktpel.cirebonkab.go.id terlebih dahulu. Setelah masuk ada gambar seperti di bawah ini



2. Nah lanjut kita isi nomor KK, NIK, nomor ponsel dan kode nya. Jika sudah semua, cek lagi dan lanjut klik masuk. Bertemu dengan halaman di bawah ini.


3. Setelah lengkap langsung deh kita klik ajukan cetak (yang berada di bagian pojok bawah sebelah kanan). Ternyata kuota minggu ini penuh ceunah. Daftar pekan depan lagi berarti yaa :D.


4. Kalau memang ada kuota, pasti di sana tertera tanggal daftar antrian untuk pencetakan ktp el. Di sana dibatasi sehari maksimal 250 kpt el. Setelah sudah ada tanggal pendaftaran baru kita download dan print.

5. Lalu kita datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk membawa printout kartu pendaftaran dan langsung ambil nomor anrtrian pencetakan ktp el. Selesai deh...



Ini banner yang terletak di depan kantor (isinya tentang tta cara pencetakan ktp el)

Semenjak mengajuan atau pencetakan ktp el diproses melalui daftar online dulu, menurut saya lebih efektif juga sih. Karena ngga perlu mengantri terlalu panjang saat bikin Akte Azzam dulu. Bisa daftar di rumah ya kan? Tapi ada beberapa penduduk juga pas nyampe di sana menggerutu tentang pencetakan ktp el yang serba online ini. Semua tergantung bagaimana kita menyikapinya. Pasti ada kelebihan dan kekurangan dengan sistem online ini. Nah itu mungkin cara mencetak ktp el di Kabupaten Cirebon. Ini juga sepertinya berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia. *cmiiw.

#30DaysWritingChallengeDays23
#ODOPfor99Days23

2 komentar:

  1. maaf izin bertanya kira kira tips nya biar kita dapat kuota pendaftaran kapan daftar nya dini hari, subuh, siang atau sore atau juga malam atau hari hari tertentu..

    soalnya saya setiap masukin pendaftaran kuota penuuh terus

    BalasHapus
  2. Selamat sore, mf mba saya mau tanya ttntang ktp el, saya ingin membuat/merekam ktp el,soalnya saya blm merekam atau msh ktp lama,harus daftar nomr antrian secara online atau tidak ?

    BalasHapus

Comment disini yak..