Minggu, 14 Januari 2018

Melatih kemandirian anak

Azzam: "Azzam aja Mamah"
Mamah: "Oh..iya boleh Azzam aja"


Sering dalam beberapa aktivitas anak kita bilang seperti itu. Iya kan moms? Anak saya pun sama... di usia nya yang menginjak 2,3 tahun, ia sering berkata seperti itu. Jika anak berkata seperti itu, jangan dilarang ya :) (kecuali jika hal itu bisa membahayakan anak). Membiarkan mereka bereksplorasi akan lingkungan di sekitarnya, membuat mereka menjadi happy, jika mereka happy maka tumbuh kembangnya pun akan berkembang menjadi lebih baik. 

Kemandirian anak ini penting bu ibu... kenapa penting? karena ini untuk melatih kepercayaan diri anak kita. Dan juga tentang kebergantungannya pada orang lain. Ditambah lagi, kita tidak tahu sampai kapan akan membersamai anak kita kan? Jadi  jika anak sudah mandiri, maka kita tinggal mengarahkannya pada hal-hal yang baik atau  menghindarkannya dari hal-hal yang dianggap buruk. Dan ingat juga ya, melatih kemandirian itu butuh pembiasaan. Pembiasaan baik yang harus dengan 'investasi' waktu emak bapaknya. Tidak serta merta anak belajar kemandirian sendiri.

Melatih kemandirian anak usia 2-3 tahun bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini Moms (pengalaman pribadi lebih tepatnya),

1. Membiarkan anak makan sendiri
   Setelah sebelumnya saya posting tentang melatih motorik halus anak dengan tujuan bisa makan dan minum sendiri, maka inilah yang Kakak lakukan. Makan sendiri dengan gayanya yang menjadikannya nasi 'pating telektek' kata orang jawa mah hehehe. Tidak apa-apa, namanya juga belajar ya Kak :)

 

2. Membiarkan anak minum sendiri
   Mau repot ngga Moms? kalau mau, kita mencoba membiarkan anak makan dan minum sendiri. Jika 'belaratan' makanannya, maka biarkan sejenak baru kemudian selesai makan kita mengajaknya untuk merapihkan bersama-sama. Seperti yang Azzam lakukan, saat susu nya tumpah, maka ia mengambil tisu dan membersihkan dengan tangan mungil nya. Bagi saya, itu hal yang amazing Moms... tanpa sadar dengan membiarkan keinginannya, kita pun setahap demi setahap melatih kemandiriannya lho bu ibu..


3. Membiarkannya mandi sendiri
 Nah pada poin ini, bu ibu jangan berharap anak akan mandi dengan bersih seperti yang kita lakukan ya. Karena Azzam sudah bisa menggosok gigi sendiri, ia akan meminta gosok gigi sendiri. Jika dirasa kurang, maka ia akan meminta bantuan saya. Saat sabunan pun Azzam minta melakukannya sendiri. Dan kta hanya membimbingnya Moms... saat ia meminta mandi sendir, usahakan kita juga mengulang sabuanan dan gososk-gosok nya ya, karena mereka masih terlalu dini untuk membersihkan dirinya sendiri. Lagi-lagi kita hanya mencoba melatih kemandiriannya lewat mandi sendiri.



Tuggu apalagi bu ibu? Yuk kita mulai latih kemandirian anak dari sekarang. 

#30DaysWritingChallengeDay14
#ODOPfor99Days14



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..