Kamis, 11 Januari 2018

Ketika do'a-do'a mulai bekerja

Sudah hari ke-enam semenjak saya posting tulisan tentang "Mahfudzot". Itu artinya sudah 6 hari Azzam melakukan kebiasaan ini. Menucapkan mahfudzot dalam keadaan tertentu. Seringnya saya mengajarkan mahfudzot tentang adab makan. Seperti "Kul biyamiinika", "La takul qooiman", "La tasyrob qooiman". Ketika Azzam makan berdiri saya katakan "La takul qooiman, ijlis Azzam" (Janganlah makan berdiri, duduk Azzam). Karena saya sering mengatakan itu berulang-ulang, maka jangan dikira Azzam tidak memperhatikan dan mendengarkan. Walaupun dia sedang bermain mobil atau mengerjakan lainnya, tetapi sel saraf nya bekerja mentransfer apa yang ia dengar. Ngga percaya? boleh dicoba Moms...

Satu waktu ia mencoba menirukan apa yang saya katakan sambil  terus menggoda untuk makan berdiri, duduk lagi, berdiri lagi, duduk lagi. Tujuannya hanya satu, Azzam hanya ingin mendengarkan saya mengatakan kalimat itu terus menerus. Sambil tertawa, lantas ia makan duduk kembali. Begitulah ketika do'a-do'a itu bekerja. 

Sekali waktu Azzam bermain ke rumah sepupunya, Kakak Azmi. Anak-anak memang masih belum mengerti apa itu berbagi. Terkadang Kakak yang enggan berbagi mainan dengan Azzam, ataupun sebaliknya. Pernah sampai bertengkar hebat (saling rebut mainan), dan akhirnya keduanya sama-sama menangis :D. Anak-anak usia 2-5 tahun memang masih belajar mengenali dan mengendalikan emosinya secara bertahap. Kakak Azmi usianya 3 tahun, dan Azzam masih 2 tahun. Usia ini memang dalam hal sosio empatinya belum terbentuk, masih berkembang secara bertahap. Tapi moms, kita memang harus membentuknya semenjak dini, agar kelak ia menjadi pribadi yang senang berbagi. Misalkan kita punya makanan, nah saat kita akan memberikan makanan itu pada anak, kita juga bisa mengatakan "Nak, ini Mamah puya makanan, Mamah mau berbagi dengan Azzam. Karena Mamah senang berbagi. Berbagi itu mendapat pahala dari Allah." Terus mengatakan seperti itu saat akan berbagi. Bahwa kita senang berbagi dan Allah pun senang jika kita berbagi.

Satu waktu Azzam sedang bermain dengan tetangganya yang sebaya. Mereka sedang bermain mobil-mobilan. Temannya itu menginginkan mainan Azzam. Padaa awalnya Azzam tidak mau berbagi, lalu saya katakan seperti yang selalu saya sampaikan. Akhirnya dengan wajah empatinya, Azzam mau berbagi mainannya. Dengan catatan, ditukar dengan mainan kesukaan Azzam lainnya.

Moms... doa adalah cara kita bersyukur dan sebagai bentuk penghambaan pada Allah swt. Maka dari itu, janganlah berhenti berdoa dan jangan sekali-kali berputus dari rahmat Allah swt :)


Ini foto diambil saat Kakak Azmi dan Kakak Azzam sedang bermain dan belajar tentang air


#30DaysWritingChallengeDays11
#ODOPfor99Days11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..