Minggu, 21 Januari 2018

Tips saat writer's block menyerang

Image result for writer blok
(pict from google)


Pernah mendengar kata writer's block?
Apa itu ya maksudnya?

Writer's block adalah dimana kondisi seseorang yang tiba-tiba kehilangan ide, kehilangan bahan untuk menulis. Pusing, gelisah, dan tidak tahu ide apa yang mesti dikembangkan menjadi sebuah tulisan? Kamu pernah mengalaminya? Cung! Sayaaa! Saya pernah mengalaminya. Saya memang belum menjadi penulis profesional, saya hanya sedang belajar menjadi penulis profesional dengan cara menulis setiap hari dan mengikuti komunitas menulis odopfor99days.  Tapi terkadang saya mengalami kondisi dimana mata terasa panas, kepala pusing dan benar-benar tidak tahu lagi kata-kata atau ide apa yag mesti saya tulis. Nah berdasarkan pengalaman, saya punya beberapa tips nya nih cara mengatasi writer's block ini, yuk intip...

❤Pertama jika mata masih sanggup, alias tidak merasa perih, kita bisa melanjutkan untuk membaca tulisan-tuisan teman kita. Siapa tahu ada inspirasi dari situ. Entah dari blog tau media sosial lain seperti facebook, instagram atau twitter.

❤Kedua coba kita buka-buka file foto baik yang ada di hp atau di laptop. Nah biasanya kalau saya, setelah melihat foto-foto itu biasanya bisa mendeskripsikan keadaan di foto. Jadi bisa tertuang dalam tulisan. Misalkan kita sedang melihat foto saat berada di lokawisata. Dari foto tersebut, tiba-tiba saja mengalir tulisan bagaimana kondisi lokawisatanya, perjalanan menuju ke sana, fasilitas-fasilitas apa saja yang tersedia, sampai ada jajanan khas apa yang ada di tempat tersebut.

❤Ketiga kita berusaha mengingat-ingat peristiwa apa saja ya yag sudah kita lalui hari ini? apakah ada yang spesial? ataukah ada yag mengganjal? atau ada peristiwa penting bahkan. Secara kebetulan...mengalir lagi tulisan tentang peristiwa hari ini dalam bentuk tulisan.

❤Terakhir, jika saat itu mata sudah tidak sanggup lagi di depan layar maka segera tutup laptop. Dan sayya anjurkan untuk istirahat. Apalagi jika kita sudah berjam-jam berada di depan layar. Itu sudah tandanya kita harus istirahat sejenak. Tidur atau kita berbaur dengan lingkungan sekitar atau bisa juga jalan-jalan sejenak ya untuk merefresh hati dan pikiran.

Saat menulis postingan ini, saya sedang merasakan mual, pusing dan mata terasa panas. Jadi saya rasa sudah saatnya saya untuk beristirahat. Karena waktu pun sudah menunjukkan pukul 01.07 dini hari dan saya belum tidur Mak. Yuk mari ah sleeping beauty... Bismika allahuma ahya wa bismika amuut.

#30DaysWritingChallengeDays21
#ODOPfor99Days21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..