Sabtu, 27 Januari 2018

Daily introspection

(pict from google)


Malam dini hari adalah waktu yang tepat untuk introspeksi. Mengapa? Karena saat dini hari, saat kita sholat tahajud saat itu pula Allah langsung turun menemui hambaNya yang berdoa memohon pada Allah. Luar biasa kan? Sholat tahajud melebihi dari malam seribu bulan, malam lailatul qadar. Yakinlah bahwa dengan tahajud, doa kita akan tembus langsung ke Allah.

Dan saat kita introspeksi atas seharian itu yang telah kita lewati, maka Allah pun Maha Menghitung. Allah akan menghitung kebaikan dan atau keburukan yang telah kita lakukan. Setiap hari, seharusnya kita selalu introspeksi diri di penghujung waktu. Sudahkah kita melayani dengan baik suami kita? Sudahkah kita berkata lemah lembut dengan anak-anak kita? Sudahkah kita berbuat baik pada tetangga kita? Sudahkah kita menjenguk orangtua kita? Sudahkah kita bersedehkah hari ini? Sudahkah kita menolong pada yang membutuhkan? Sudahkah kita upgrade keilmuan dengan membaca misalnya? Sudahkah kita mengaji? Sudahkah kita berdoa dengan khusyu memohon padaNya?

Banyak sekali yang harus kita introspeksi ternyata. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, introspeksi artinya peninjauan atau koreksi terhadap (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan dan sebagainya) diri sendiri; mawas diri. Berintrospkesi artinya mengadakan atau melakukan introspeksi; mengoreksi diri - lah dulu sebelum mencela atau mengkritik orang lain. Dan mengintrospeksi artinya berintrospeksi.

Nah arti berintrospkesi ini juga penting nih. Mengoreksi diri terlebih dahulu sebelum mengkritik orang lain. Terkadang atau sering bahkan tanpa sadar kita pun melakukan hal itu. Kita mengingatkan orang lain harus begini dan begitu, tetapi kita nya sendiri tidak mau dikritik orang lain. Itu yang harus dihindari dan harus kita waspadai. Pun ketika ada yang mengintropeksi diri kita. Tidak seharusnya kita menolak mentah-mentah. Tapi, saran dan kritik dari orang lain itu sebagai sarana evaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Cara yang lain untuk tetap dapat mengintrospeksi diri adalah bergaul dengan orang-orang sholih. Dengan bersama mereka, in syaa Allah ada budaya untuk saling mengingatkan dalam kebenaran dan kesabaran. Jadi...setiap hari di penghujung malam, yuk mari kita sama-sama introspeksi diri dan berharap ampunan dari Allah, Pencipta kita. aamiin...

#30DaysWritingChallengeDays27
#ODOPfor99Days27

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment disini yak..